Profil dan Biografi Jokowi Terbaru Lengkap

Jokowi adalah tokoh politik Indonesia yang merupakan calon Presiden Indonesia tahun 2014. Beliau bernama lengkap Joko Widodo. Jokowi lahir di kota Solo (Surakarta) pada tanggal 21 Juni 1961. Itu berarti kini usianya adalah 53 tahun. Jokowi merupakan mantan walikota Solo dari tahun 2005 hingga tahun 2012. Setelah itu beliau ditunjuk oleh partainya PDIP untuk maju ke pemilihan gubernur DKI Jakarta. Ia pun berhasil memenangkan pilgub dan menjadi gubernur DKI Jakarta bersama dengan Ahok. Di tahun 2014 ini, Jokowi kembali ditugaskan oleh partai PDIP untuk maju dalam pemilihan presiden RI 2014. Ia akan ditemani oleh Jusuf Kalla dalam pilpres melawan kandidat presiden lainnya dari partai Gerindra, yaitu Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.


Nama Ir. H. Joko Widodo
Tempat Lahir Surakarta, Jawa Tengah
Tanggal Lahir 21 Juni 1961
Kebangsaan Indonesia
Lulusan Universitas Gajah Mada (UGM)
Partai Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDIP)
Agama Islam

Profil dan Biografi Jokowi Terbaru Lengkap


Jokowi merupakan lulusan universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta. Ia mengambil fakultas Kehutanan. Pada tahun 2005, beliau maju dalam pilkada Solo dengan diusung partai PDIP dan PKB. Dengan didampingi wakil walikota FX. Hadi Rudyatmo, Jokowi kemudian terpilih sebagai walikota Solo. Ia kemudian dinilai berhasil membenahi kota Solo menjadi lebih baik. 

Jokowi kemudian diajukan sebagai calon gubernur DKI Jakarta oleh partai PDI. Meski awalnya menolak, Jokowi kemudian setuju meninggalkan jabatan walikota Solo dan maju dalam pilgub DKI bersama wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Jokowi-Ahok akhirnya berhasil memenangkan pilgub putaran kedua setelah unggul dalam perolehan suara atas pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli.

Jokowi menjajikan perubahan besar di awal jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta. Ia pun kerap diliput oleh media media massa, baik televisi, koran atau portal online. Singkatnya ia makin terkenal dan populer layaknya selebriti. Hampir tiap hari beritanya selalu ada di TV. Ia juga dikenal dengan kebiasaan blusukan, yaitu berkeliling ke daerah dan wilayah di Jakarta, mulai dari pasar, permukiman dan tempat umum.

Profil dan Biografi Jokowi Terbaru Lengkap

Popularitas Jokowi yang menaik dengan drastis membuatnya selalu berada dalam daftar calon presiden di survey jajak pendapat yang diadakan oleh berbagai lembaga nasional maupun independen. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh PDI-P untuk mengajukannya sebagai kandidat presiden pada pemilu presiden Indonesia periode 2014-2019 setelah berakhirnya masa kepemimpinan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ketua umum PDIP, Megawati Soekarnoputri kemudian menyetujui pencalonan Jokowi yang dideklarasikan pada tanggal 14 Maret 2014. Jusuf Kalla (JK) kemudian dipilih sebagai calon wakil presiden mendampinginya. Mereka bakal bersaing dengan kandidat presiden-wakil presiden lainnya, yaitu Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.


(CepatLambat)
-;

0 Response to "Profil dan Biografi Jokowi Terbaru Lengkap"

Post a Comment